- Proses komunikasi secara langsung (tatap muka)
- Proses komunikasi bermedia
ALAT KOMUNIKASI MODERN
a. Komunikasi akoptika
Komunikasi akoptika merupakan singkatan dari akustika atau optika. Komunikasi akustika ialah komunikasi menggunakan indera telinga, sedangkan komunikasi optika ialah komunikasi yang menggunakan indera mata.
b. Komunikasi grafika
Ialah jenis komunikasi yang menggunakan media cetak sebagai alat penghubung dengan komunikan.
c. Komunikasi elektronika
ialah jenis komunikasi menggunakan alat-alat elektronik atau perangkat telekomunikasi.
Beberapa alat komunikasi kantor yang biasa digunakan di instansi perusahaan atau organisas
a. Telepon
b.Faximile
c.Teleprinter
d.Printer
KEBERHASILAN DALAM KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam kegiatan bisnis, yang meliputi berbagai bentuk komunikasi baik komunikasi vebal maupun non verbal:
Komunikasi verbal ialah suatu bentuk komunikasi disampaikan kepada komunikan dari komunikator melalui tulisan dan lisan
Komunikasi non verbal ialah bentuk komunikasi yang menggunakan gerakan-gerakan tubuh atau bahasa isyarat sebagai alat untuk berkomunikasi kepada orang lain
Tujuan komunikasi non verbal yaitu
- Memberi informasi
- Mengatur alur suatu percakapan
- Mengekspresikan emosi
- Memberi sifat, melengkapi, menentang dan mengembangkan pesan-pesan verbal
- Mempengaruhi orang lain
- Mempermudah tugas-tugas khusus
a. Masalah dalam mengembangkan pesan
b. Masalah dalam menyampaikan pesan
c. Masalah dalam menerima pesan
d. Masalah dalam menafsirkan pesan
2. SYARAT-SYARAT KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
a. Persepsi atau pandangan
b. Ketepatan
c. Kredibilitas
d. Pengendalian
e. Kecocokan atau keserasian
3. CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
a. Membuat suatu pesan secara lebih berhati-hati
b. Meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi
c. Mempermudah upaya umpan balik antara si pengirim dan si penerima pesan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar